Contoh Soal Sertifikasi CFE (1)


Menyambung tulisan ini.

Barangkali ada yang tertarik ngambil Sertifikasi CFE (Certified Fraud Examiner), atau pengen belajar topik tentang korupsi atau fraud? Well, mulai minggu ini saya mo share contoh soal-soal ujian CFE.

Sekarang saya belum punya dan belum pernah ikut ujian CFE. Tujuan dari postingan ini supaya saya (terutama) pengen belajar a-z tentang fraud dan korupsi, dan pengennya bisa dapet CFE kapan2 nanti (amiiin…). Biar semangat, saya mo ngajak temen-temen semua, bapak, ibu, sodara, mas, mbakyu, pembaca blog ini, buat sama2 belajar🙂

Mohon maaf soalnya akan diberikan dalam bahasa Inggris, karena emang ujian aslinya belum ada yang boso jowo🙂 Rencananya, saya akan posting contoh soal-soal CFE ini setiap hari kamis (doakan bisa konsisten yach…). Jawaban akan saya berikan kamis minggu depannya, beserta contoh soal yang baru.

Kalo tiap minggu ada postingan soal2 ntar kan someday bakalan banyak, supaya gampang dicari, saya bikin kategori baru “Contoh Soal CFE” di blog ini, selain kategori “fraud and corruption” dan “professional certification” yang udah ada sebelumnya.

Contoh Soal Ujian CFE

1. An insurance agent collects payment from a person for insurance, but doesn’t remit the check to the insurance company, keeping the payment. This is known as:

A. Equity fraud
B. Churning
C. Premium fraud
D. None of the above

2. __________ is the term used for including additional coverages in the insurance policy without the knowledge of the insured.

A. Twisting
B. Sliding
C. Churning
D. None of the above

Selamat menjawab!🙂

5 Comments

Filed under Contoh Soal CFE

5 responses to “Contoh Soal Sertifikasi CFE (1)

  1. Subagio Tjahjono

    Dear Mas Mukhson Rofi,
    Salam kenal, saya subagio. Kebetulan saya adalah salah satu pemegang gelar CFE di Indonesia, sebenarnya contoh soal yang ada ini merupakan salah satu bagian dari materi financial transaction yaitu insurance fraud yang kalau di silabusnya cuma 10% dari total soal yang diujikan di CFE. paling banyak di bagian financial transaction ini ya di fraudulent disburshment. kalo dari ujian CFE yang paling sulit mungkin di bagian law karena lawnya berbeda dengan punya Indonesia. semua kandidat CFE harus mengambil uniform CFE dan kalau dari Indonesia mending ambil yang international version. Saya sudah pernah coba kontak ke ACFE untuk translate ujian CFE ke bahasa Indonesia. mereka bilang tidak dalam waktu singkat.
    Oh iya numpang nanya Ibu Wina sudah tidak di PWC dan pindah ke deloitte ya mas? Kenapa ya kalo boleh tahu

  2. Wow…! Rasanya dapet kehormatan nih dikunjungi Mas Subagio yang udah CFE. Salam kenal Mas!

    Jadi malu nih ngasih contoh2 soal CFE, kalo buat CFE holder udah di luar kepala donk🙂 he..he..

    Mas, blog ini kan salah satu tujuannya supaya bisa ngasih manfaat buat banyak orang, terutama ilmu tentang fraud, korupsi, dan sertifikasi terkait seperti CFE. Jadi saya ngundang Mas Subagio nih buat sharing experience tentang experience ngambil ujian CFE, sekaligus tentang profesi yang dijalani sebagai seorang CFE holder. Semoga bersedia…

    Ini kalo ‘lebih bersedia lagi’, selain sharing experience udah lulus ujian CFE, mungkin boleh dikirim brief profile-nya ke email saya : muxonated@yahoo.com, rencananya mo saya compile profile+sharing sebagai CFE sebagai postingan tersendiri, supaya bisa mengispirasi saya (terutama) dan pembaca blog ini.

    Kenal sama Bu Wina juga ya Mas? Ya kayaknya sich di profesi auditor ato konsultan Big 4 kayak PwC ini pindah2 udah biasa yach…he..he..

  3. Subagio

    Mas Mukshon Rofi Yth,
    Sebelumnya saya minta maaf baru bisa balas. soalnya lagi sibuk banget. Saya belum pernah buat blog, tapi nanti saya kirim e-mail saya ke tempat mas.
    Mengambil ujian CFE bisa dibilang gampang-gampang susah, tadi saya sempat lihat ada yang bertanya dimana ambil training ujian CFE. Kalo menurut saya, kalo punya uang lebih, mungkin lebih baik kalo ambil Prep coursenya CFE. Prep coursenya pakai CD yang dikirim ke tempat kita. CD Prep coursenya CFE hanya boleh dipakai 1 user karena ada lisensinya. Untuk member harga tunainya USD 715 belum termasuk ongkos kirim. Lebih baik pakai DHL .Ongkos kirim+HargaPrepnya sekitar $800 Plus bayar PPH dan Bea masuk sekitar 3 juta (dengan kurs 9000) kalo sekarang mungkin dah 4 jutaan.
    Kalo tidak punya dana lebih bisa belajar sendiri dari Fraud Examiner manualnya ACFE ditambah bukunya J.T.Wells yang tentang occupational fraud jatuhnya mungkin sekitar 300 dollar.
    Ujian CFE menjadi susah kalo kemampuan bahasa Inggris kita pas-pasan atau mungkin di bawah skor TOEFL 550/ IELTS 6.5 karena tuh pertanyaannya menjebak banget struktur katanya. Walaupun sudah beli CD Prep coursenya kita tetap harus hati-hati karena struktur kalimatnya terkadang susah dipahami (lain dengan ujian CIA….)
    berhubung waktunya mepet, lain kali saya sambung mas….
    Salam
    Subagio

  4. Pingback: Contoh Soal Sertifikasi CFE (2) « Fraud dan Korupsi: Sebuah Catatan untuk Negeri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s