Menjadi Profesional di Bidang Anti-Fraud/Anti-Korupsi dengan CFE


“The FBI officially recognizes the CFE credential as a critical skill set for its diversified hiring program”

Artinya kira-kira gini:
FBI secara resmi mengakui gelar CFE sebagai komponen penting dalam rekrutmennya.

Ini bukan mengenai bagaimana cara ngelamar ke FBI (anyway, mungkin ada yang tertarik?🙂, tapi tentang CFE: apa sih CFE itu?

Kepanjangannya Certified Fraud Examiner, sertifikat ini dikeluarkan oleh ACFE (Association of Certified Fraud Examiner) USA. Gelar CFE mensertifikasi skills di bidang pencegahan, pendeteksian, dan investigasi fraud.

Untuk mendapatkan gelar CFE, syaratnya harus lulus ujian dalam 4 subject : financial transactions, legal elements of fraud, fraud techniques, and criminology and ethics.

Saat ini ada 20.000 pemegang CFE di seluruh dunia. Pernah denger nggak skandal accounting WorldCom di Amerika? Fyi, yang membongkarnya adalah auditor bergelar CFE, namanya Cynthia Cooper.

Sebuah riset ACFE tahun 2006 mengenai remunerasi profesional anti-fraud menunjukkan bahwa mereka yang bergelar CFE mempunyai gaji lebih tinggi 18% dari yang tidak bergelar CFE (lihat di sini).

Tertarik? Untuk mengecek apakah kita bisa ikut ujian CFE, terlebih dahulu harus memenuhi persyaratan pendidikan/pengalaman kerja minimum di link ini. Lebih lengkap mengenai bagaimana mendapatkan gelar CFE, silakan klik link ini.

15 Comments

Filed under Professional Certification

15 responses to “Menjadi Profesional di Bidang Anti-Fraud/Anti-Korupsi dengan CFE

  1. Wah, berarti di amrik sono segala hal bisa dijadikan uang dengan adanya sertifikasi ya…

  2. muxonated

    Dear Reksa,

    Thanks buat comment-nya.

    Kalo menurutku sih, sah2 aja kalau ada yang beropini seperti itu. Temenku juga pernah bilang, kok kayaknya bikin sertifikasi di satu sisi jadi alat untuk mendapatkan keuntungan dengan macam2 biaya seperti biaya pendaftaran, ujian, iuran tahunan, bahan2 ujian, dsb. Iya sih…

    Tapi kalo memang begitu, kenapa kok masih banyak orang yang mau ikut sertifikasi?

    Bisa jadi karena perbandingan cost and benefit yang didapatkan dari mengikuti sertifikasi tersebut setidaknya proporsional. Maksudnya, memang sih keluar uang tapi banyak juga benefit yang didapatkan seperti lebih dihargai waktu ngelamar kerja, kompetensi profesionalnya terus update, dsb.

    Di sisi yang lain, sebenarnya bikin2 sertifikasi kayak gitu nggak harus di Amrik kan, kenapa nggak orang kita saja ya yang bikin? Well, kayaknya masih banyak kendala profesionalisme dan wawasan global yang kita masih belum sanggup.

  3. Pingback: Contoh Soal Sertifikasi CFE (1) « Fraud dan Korupsi: Sebuah Catatan untuk Negeri

  4. Pingback: Contoh Soal Sertifikasi CFE (2) « Fraud dan Korupsi: Sebuah Catatan untuk Negeri

  5. din

    Salam kenal bung….
    Mohon infonya,apakah di indonesia sudah ada lembaga yang menjalankan preparation review atas CFE.
    Mohon infonya ya ….

    ———————————————————————————————

    salam kenal juga bung🙂
    buat preparation CFE bisa dilihat di website LPAI (Lembaga Pengembangan Auditor Internal) di link ini.

    semoga membantu…

    • tejo

      ya saya juga tertarik… memang sihhh sertifikasi seolah2 siapa yang cepat mendirikan lembaga sertifikasi itu yg dpt bynk uang hehehe…

  6. reinza syafruddin

    Salam kenal mas,

    saya sudah coba link yang mas berikan untuk CFE Preparation tapi jadwalnya sudah expired.
    Punya link lain gak untuk CFE Preparation, tapi yang di Indonesia aja ya…

    thanks berat

    ———————————————————————————————

    salam kenal juga mas reinza,

    mohon maaf saya udah nyoba nyari2 tempat kursus cfe selain yang di atas (lpai) tapi belum nemu juga. mungkin karena belum banyak yang tahu tentang sertifikasi cfe ini atau belum ada yang “menangkap” kursus cfe sebagai peluang bisnis — mungkin ada yang tertarik?🙂

    kalo menurut saya mas, sebagai alternatif dari ikut kursus, ambil aja cfe prep course. Agak mahal sih biayanya, buat cfe member sekitar USD$ 795. Tapi kita bisa dapet money back guarantee kalo sampe nggak lulus ujian cfe (terms and conditions apply)

  7. terima kasih untuk infonya.
    untuk biaya, kantor mau membiayai jadi bukan masalah untuk saya hehehe…
    yang jadi masalah adalah, kantor hanya menanggung biaya pelatihan dan ujian CFE di Indonesia saja.
    jika ada info mengenai pelatihan persiapan ujian CFE mohon di infokan ke saya ya mas…
    Saya sangat tertarik dengan CFE ini…

    ———————————————————————————————

    mas, saran saya ikutan cfe prep course aja kayak di comment saya sebelumnya
    bahannya di cd kok, kita bisa belajar sendiri dengan latihan 1500 soal ujian cfe
    harganya sekitar 800 dolar, habis itu ngambil ujian cfe (jadi 150 dolar, diskon dari 250 dolar)
    kalo nggak lulus, bisa ikut ujian lagi (free) atau kembali biaya cfe prep course (800 dolar-nya)
    kalo diganti sama kantor, nggak masalah kan…monggo dicoba, semoga sukses!

    • tejo

      kalo ngopi CD nya bisa gak…biar menghemat jg

    • mas mukhson, kalo memang hanya latian soal saja(braindump) berdasarkan CD, lulus, lalu jaminan bahwa ybs memang qualified apa ya mas? kalo gitu kan kasian yg terbatas keuangannya, padahal potensinya ada untuk menjadi seorang fraud examiner. saya tertarik, tapi mahal biayanya😦

      • sertifikasi hanya salah satu aspek yang men-support kualifikasi. bagus atau tidaknya kualifikasi seseorang di bidangnya, tidak hanya tergantung pada kualifikasi. lebih dari itu, ada integritas, profesionalisme, experience, knowledge, wawasan, keahlian. kalau ada kendala biaya untuk sertifikasi, yang lainnya saja dulu bisa dioptimalkan. sertifikasi bisa menyusul sambil mengumpulkan tabungan. ok mas… salam.

  8. Ishak S Tjahjono

    Saya bantu jawab mas mukhson untuk tejo,
    masalah copy mengcopy CD prepnya ACFE ini sudah diatur dalam aturan ACFE, copy CDnya mereka tidak mungkin dilakukan karena untuk aktivasi CD harus mengisi nomor student ID dan nama yang punya CD. seandainya yang punya CD mengijinkan pun bisa terkena sanksi hukum dan dikeluarkan dari organisasi profesi.
    salah satu syarat yg harus tetap dipegang oleh anggota ACFE adalah tidak boleh berpartisipasi dalam kegiatan illegal yang dapat mempertaruhkan nama dan reputasi profesi. Bagaimana mungkin anda bisa menjadi seorang fraud examiner kalau anda juga mendukung kegiatan bajak membajak yang lebih parah lagi nama anda akan dipublikasikan di web sehingga seluruh orang akan tahu kalo anda disuspend atau dikeluarkan dari organisasi…

  9. Di Indonesia ada local chapter dari ACFE yaitu ACFE Indonesia Chapter, Merupakan chapters #111. Ini link di acfe.com (lihat yang Asia) http://nf.acfe.com/eweb/DynamicPage.aspx?Site=ACFEWEB&WebCode=ChapterList
    Website ACFE Indonesia Chapter sendiri sekarang sedang dalam perbaikan. Sekretariatnya di Gedung Arthaloka lantai 7, Jl. Jend. Sudirman Kav. 2 Jakarta

  10. Ari

    Saya internal auditor di sebuah pemda, yang sudah mempunnyai gelar ak, dan sekarang sedang menempuh pasca akuntasnsi kekhususan akuntansi sektor publik. Saya tertarik dengan gelar profesi cfe ini, tidak hanya sebagai penunjang saya dalam berkarir, tetapi ilmu tentang fraud ini sangat menarik hati bagi saya… Apa ada jalan bagi saya untuk mendapatkan beasiswa guna mendapatkan gelar cfe ini??

    Salam🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s