Buku, Sumber Ilmu atau Sumber Korupsi?


Hasil riset Kelompok Independen Untuk Advokasi Buku (KITAB) periode 2004-2007 menunjukkan bahwa orang tua siswa rata-rata mengeluarkan Rp. 162 ribu tiap tahun untuk membeli buku pelajaran anaknya.

Mahalnya harga buku merupakan pelecehan terhadap kesetaraan hak setiap warga negara untuk memperoleh pendidikan. Pertanyaannya adalah, apa tidak ada cara yang bisa ditempuh untuk menekan harga buku?

(Indonesian Corruption Watch) ICW melaporkan, bahwa praktek korupsi terkait dengan pengadaan buku pelajaran berjalan sistematis dengan melibatkan dinas-dinas pendidikan dan penerbit. Baca di link ini.

Beberapa metode korupsi dalam pengadaan buku pelajaran misalnya penunjukkan langsung tanpa tender, penggelembungan harga buku (markup), dan sub-kontrak pemenang tender kepada penerbit lain karena pemenang tender tidak mampu memenuhi kesepakatan tender.

Sehubungan dengan maraknya korupsi dalam pengadaan buku pelajaran, pemerintah cukup aware misalnya dengan melarang penjualan buku di sekolah dengan merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 2 Tahun 2008 tentang Buku.

Sebagai tindak lanjut dari larangan tersebut, pemerintah meluncurkan buku pelajaran yang bisa didownload gratis di link ini.

Banyak yang mengkritisi metode download untuk menyebarluaskan buku pelajaran gratis tersebut, dengan alasan banyak daerah di Indonesia yang akses internetnya masih susah. Well, mungkin ide kreatif ini bisa dicoba.

4 Comments

Filed under Fraud and Corruption

4 responses to “Buku, Sumber Ilmu atau Sumber Korupsi?

  1. seharusnya !! GRATIS ….. he,he,he,…. biar tingal belajar…. nga pusing mikirin bayaran,… he,he,he,,…

  2. seharusnya harga jual buku tuch jangan terlalu mahal karena banyak diindonesia nich yang kurang berpendidikan tapi ingat lihat lah orang-orang yang kurang memahami pendidikan . . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s