Pengertian atau Definisi Korupsi (UU no.31 th.1999 jo UU no.20 th.2001)


Dalam pasal 2:

Korupsi adalah:
1. perbuatan melawan hukum
2. dengan maksud memperkaya diri sendiri atau orang lain
3. ‘dapat’ merugikan keuangan atau perekonomian negara

‘Secara melawan hukum’ artinya suatu perbuatan dapat dipidana, jika:
1. ada aturannya dalam Undang-undang (hukum formil), atau
2. tidak sesuai dengan rasa keadilan atau norma kehidupan masyarakat (hukum materiil).

Kata ‘dapat’ merugikan keuangan atau perekonomian negara artinya:
tindak pidana korupsi dianggap ada tidak hanya ketika kerugian negara telah terjadi, tapi juga ketika unsur-unsur perbuatan korupsi telah terpenuhi.

O ya, ‘jo’ dalam judul tulisan ini adalah istilah hukum yang berarti ‘sebagaimana telah diubah oleh’.

About these ads

20 Comments

Filed under Fraud and Corruption

20 responses to “Pengertian atau Definisi Korupsi (UU no.31 th.1999 jo UU no.20 th.2001)

  1. Muhamma Azhari, SE

    Assalamu`alaikum Wr. Wb.
    Salam Sejahtera bagi kita semua
    Saya malu menjadi WNI yang pemimpinnya mulai dari keluarahan sd Pejabat Pusat adalah Koruptor. Hukuman mati bagi koruptor adalah hukuman yang pantas sehingga rakyat akan sejahtera. Mari kita bergerak melawan Koruptor.

    • waalaikumsalam, benar Mas Azhari, bagaimanapun perjuangan melawan koruptor akan lebih baik jika dilakukan dua arah,

      pemerintah bekerja, dan kita pun sebagai civil society seharusnya jangan tinggal diam melihat korupsi yang kian menggurita di negeri ini

      oleh karena itu mari, bersama kita bangkit dan berjuang melawan koruptor! Merdeka!!!

  2. baguss makasi udah ngasih pengetahuan buat tugas ku , moga2 bsa terus up to date berita dan informasinya makasi…

  3. johan

    makasih ya artikelnya bagus dan bermanfaat buat saya.
    semoga korupsi di Indonesia bisa diberantas. GBU

  4. een darma

    TQ…………da nambah pengetahuan Kta Semua….& Semoga Kt Smua mjd Masyarakat yg anti KORPUSI

  5. bambang

    Gimana korupsi mau diberantas ? wong… sistem yang kita gunakan saat ini (Demokrasi) adalah sistem korupsi… coba deh… bayangkan untuk menjadi Wakil Rakyat seseorang harus menyediakan dana buanyak banget… iya kan…? apalagi untuk menjadi seorang Presiden…!! berapa tuh dananya yang di butuhkan… maka nggak aneh banyak orang yang jadi Gila gara2 nggak jadi Caleg ataupun Gubernur…
    Kalaupun Dia terpilih jadi Caleg, Gubernur ataupun Presiden, maka pertama-tama yang dipikirkannya apa kira2? ya… yang jelas berapa biaya yang Dia keluarkan untuk kampanye? bagaimana untuk mengembalikan dana2 tersebut..? boro2 mikirin rakyat… justru kebijakannya bertolak belakang dengan keinginan rakyat… maka untuk memberantas korupsi dengan sistem Demokrasi hal yang mustahil… cara satu2 hanya dengan merubah Sistem… ganti sitem yang benar2 bagus… bukan sistem yang menyuburkan korupsi seperti sekarang….

  6. singo dasun

    Merdeka !!! Berantas korupsi!!

  7. guswoto

    Jika saya punya mobil tapi gak punya garasi atau carport sehingga terpaksa parkir (gratis) dipinggir jalan sempit depan rumah dan sangat mengganggu lalulintas kendaraan lain dan orang yang jalan disitu. Ini berarti sy memanfaatkan fasilitas umum dengan gratis untuk keuntungan pribadi. Apakah saya termasuk koruptor ? kelas Teri ?

  8. Nur inayah

    Mnurut aku,,korupsi di indonesia ini banyak sudah terjadi,,,akibat dari itu,,maka banyak rakyat yg menderita/Mereka merasa di rugikan akibat bnyak nya pemimpin yg korupsi di indonesia,,maka kami ingin sekali,,,agaaar tdak ada lgi korupsi di negara kita yaitu indonesia…agaaar tidak ada suatu masyarakat yg hampir tidak bisa mkn akibat banyak nya korupsi itu..

  9. Anonymous

    bagi saya kurupsi,kolusi,nepotisme,pencurian penculikan dan lain sebagainya harus ttp ada agar dunia ini bisa ttp seimbang………998
    coba bayangkan jika di dunia ini hanya berisikan org baik semua….?
    apa jadinya…dan mna tantangannya serta mna keseimbangannya……./?

    • ikhy nak ziggerz onefiveone

      bagi saya kurupsi,kolusi,nepotisme,pencurian penculikan dan lain sebagainya harus ttp ada agar dunia ini bisa ttp seimbang………998
      coba bayangkan jika di dunia ini hanya berisikan org baik semua….?
      apa jadinya…dan mna tantangannya serta mna keseimbangannya……./?

  10. tifani

    Makasih banyak atas artikelnya,sangat berguna sekali :-)

  11. mukhawas

    itulah keadilan tuhan baik dan buruk, cantik dan gagah, perawan dan bujang mereka sama – sama tercipta dan diciptakan. jangan pusing broowwwww…………mari pikirkan diri sendiri mana yang terbaik untukmu, agamamu, bangsamu, sesamamu, dan saling memaafkan satu dgn yang lain.

  12. mukhawas

    gusdur khan bilang….gitu aja kok repot. nikmati hidup ini dgn jalan kebenaranmu demi kebahagiaanmu….karena berpikir tentang korupsi, satu langkah dari rumah uda dapat….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s