Sertifikasi CIA


Jangan salah sangka, maksudnya bukan CIA yang itu, tapi Certified Internal Auditor. Sertifikasi ini berguna untuk menunjukkan kompetensi di bidang internal audit.

Ada 4 mata ujian untuk mendapatkan sertifikasi ini:

Part 1 – The Internal Audit Activity’s Role in Governance, Risk, and Control
Part 2 – Conducting the Internal Audit Engagement
Part 3 – Business Analysis and Information Technology
Part 4 – Business Management Skills

Setiap mata ujian terdiri dari 100 soal multiple choice dan dikasih waktu 2 jam 45 menit buat menyelesaikannya. Nggak ada nilai minus buat jawaban yang salah dan supaya lulus, minimal harus menjawab 75% soal dengan bener.

Per Agustus 2008, Biaya ujian untuk masing2 mata ujian adalah $130 (member) dan $160 (non member). Selain itu ada juga biaya pendaftaran $60 (member) dan $75 (non member). Buat full time students/professors, ada rate khusus ujian/pendaftaran yang lebih murah.

Apakah dengan lulus ujian langsung dapat gelar CIA? Nggak juga, lulus ujian cuma salah satu syarat aja, selain itu kandidat CIA juga harus punya S-1 atau titel yang lebih tinggi dan punya pengalaman minimal 2 th sebagai internal auditor. Tapi syarat2 itu nggak kaku banget kok, ada juga pengecualian tertentu yang bisa dilihat di certification candidate handbook.

Kalo mau nyari bahan belajar CIA, saya recommend pake buku dari Gleim. Pendekatan bukunya ok punya dengan cara ngasih ringkasan materi kemudian diikuti dengan banyak contoh2 soal. Buku ini bener2 ngebantu saya untuk lulus dan jadi CIA holder sejak November 2006 (alhamdulillah…)

58 Comments

Filed under Professional Certification

58 responses to “Sertifikasi CIA

  1. Pingback: Di mana tempat kursus CIA di Jakarta « Fraud dan Korupsi: Sebuah Catatan untuk Negeri

  2. Ria

    Pak Mukhson, apakah ada placement test sebelum join kursus CIA? kalau iya seperti apa? dan apakah kalau fail di placement test CIA berati gak bisa kursus atau pakai level? BTW, CIA dari Indonesia itu international registered gak? dan apakah berlaku seterusnya atau harus renew dengan test lagi?
    Maaf pertanyaannya banyak.
    KR,Ria

    ——————————————————-

    Mbak Ria, setau saya nggak ada placement test sebelum kursus atau review CIA. Biasanya format kursusnya teori diselingi latihan soal (bisa per-bab atau per-beberapa bab), kemudian terakhir ada test finalnya (juga biasa disebut mock-up exam).

    Untuk dapat sertifikasi CIA, bukan dengan kursus, tapi dengan ujian. Kursus hanya akan membantu kita untuk bisa lulus ujian CIA. Belajar sendiri juga bisa kok, pake buku teori/latihan soal ujian CIA.

    CIA itu international Mbak, dikeluarkan oleh The Institute of Internal Auditor – USA. Gelar ini nggak berlaku seterusnya Mbak, ada ketentuan perpanjangan bukan dengan test lagi, tapi dengan membayar iuran keanggotaan dan mengirimkan data CPE (Continuing Professional Education).

    Lebih lengkap bisa di-download di sini.

    Websitenya The IIA di theiia.org

  3. rina

    pak, bisa tolong bantu, dimana saya bisa beli buku2 CIA exam preparation di jakarta?

    terima kasih

  4. Ishak S Tjahjono

    Numpang jawab mas untuk bu Rina
    Buku CIA review yg bisa di beli di beberapa tempat antara lain:
    di toko buku Spektra untuk produk Wiley CIA review
    Untuk produk-produknya Gleim masih tidak bisa beli di Jakarta dan harus import langsung dari USA . Bulan lalu saya baru beli software prepnya Gleim, cumannya didownload karena shipping costnya mahal

    ———————————————————–

    terima kasih banyak Pak Ishak, jawabannya sangat membantu
    (mohon maaf saya sedang tidak bisa sering2 online akhir2 ini :)

  5. widodo lestari

    Untuk memperbesar kemungkinan lulus ujian sertifikasi CIA, lebih baik memperdalam sendiri dengan banyak latihan soal. Latihan soal dari Gleim sangat membantu.

    Tutorialnya saya kira tidak membantu banyak.

    Lebih baik jika tidak mengambil ujian langsung 4 part, tapi sebagian dulu (2 part) sekali ujian mungkin lebih ringan.

    Beda dengan sertifikasi CISA.

    Saya sendiri sudah lulus CIA dan CISA

  6. Ridwan

    Kalo dari D3 (sarjana muda) bisa gak ikutan ujian CIA karena setahu saya kalo untuk ikut ujian CFA/CMA sarjana muda (D3) juga udah bisa ikut, lalu kalo kita belajar sendiri trus ambil ujiannya gimana sih urutan/alurnya apa saja yang harus kita lakukan sampai bisa ikut ujian, trus bagaimana halnya dengan yang lain, seperti CFA, CMA, CPA (prosedurnya)

    • Ishak S.Tjahjono

      Saya bantu jawab Pak Mukhson,
      Syarat dari IIA untuk ujian CIA adalah minimal bachelor degree atau kalo di Indonesia setara dengan S1 dari universitas yang sudah terakreditasi. Kalopun anda merasa dengan program D3 anda layak untuk ikut ujian CIA, anda bisa mengirimkan surat ke IIA Board of regent untuk dilakukan assesment. Orang yg tidak punya s1 bisa ikut ujian jika dia memiliki sertifikat CA (chartered Accountant).
      Kalo di ujian CIA:
      1. Daftar dulu di IIA Indonesia dengan biaya pendaftaran ujian sekitar (60-80 USD) dan biaya ujian sekitar USD 130 untuk member dan >150 USD (kalo tidak salah untuk non member)
      2. Nanti setelah dapat nomor otorisasi untuk ujian dari IIA Indonesia bisa memilih tempat test IIA 3 di Jakarta dan 1 di Surabaya
      3. Datang pada waktu ujian dan ambil CBT test kalo lulus akan ada pengumuman hasil kelulusan sementara.
      Kalo belajar sendiri lebih baik dijadwalkan kapan akan ujian, sebaiknya sih 2-3 bulan sebelum hari H.
      Kalo CFA sya tidak tahu kl CMA bisa hubungi IIEF di Jakarta dan CPA, CPA mana yang mau diambil??? CPA Indo, CPA USA atau CPA Australia??? kl CPA Indo bisa lihat di websitenya IAI atau IAPI kl CPA USA kita hrs ke negara bagiannya untuk ujian

  7. Ishak S. Tjahjono

    Salam kenal Pak Mukhson,
    Saya memang anggota IIA dan saat ini sedang dalam proses untuk ujian CBT CIA sehingga saya tahu proses di CIA.

    • semoga sukses ujiannya Pak…

      boleh nanti sharing pengalamannya ikut ujian CBT CIA, kesan dan tantangannya…

      nanti di-email aja Pak ke saya kalau boleh saya post di blog ini

      (semoga menambah semangat rekan2 yang lain dalam upaya terus belajar dan meningkatkan kompetensi)

      terima kasih

  8. Pak mukson..
    1. Aku bisa dapat gak buku gleim?? Kalo pak mukson ada aku beli ama bapak aja mgkn lbh terjangkau.
    2. kalo mo ambil CIA siapa pak contact personnya??
    Thx sebelumnya…

  9. Ishak S.Tjahjono

    Pak Ryan, untuk bukunya Gleim kalau mau pinjam bisa pinjam di IIA Indonesia atau ke Ibu Meyta tapi kl mau beli bisa order langsung ke Gleim publisher atau ikut beli di kelasnya UI atau Binus kalau boleh.
    Dulu waktu ujian, saya juga tidak beli yang paling baru cuman pakai yang edisi lama tapi juga berhasil lolos kok

  10. Hally

    Halo Pak Mukson,

    Salam kenal.
    Saya tertarik dengan materi CIA part 3 & 4; klo blh tau, pembelajaran utk bagian ini, objectivenya apa yah? Kaitannya dengan peng-auditan, apa yah?

    Dan apakah materi ini dpt diapplikasikan utk profesi business analyst jg?

    Terima kasih, mohon pencerahannya.

    • Ishak S.Tjahjono

      Pak Mukhson saya bantu menjawab untuk Sdr/Sdr.Hally, sebagai seorang professional Internal Auditor harus mempunyai skill yang cukup dan memadai antara lain di bidang finance, akunting, IT termasuk didalamnya perilaku organisasi dan penyelesaian konflik. Kaitannya dengan audit tentu kalau mengaudit keuangan anda kan harus tahu dasar-dasar akuntansi misalnya bank rekonsiliasi, sistem kas, dsb termasuk untuk produksi anda kan harus tahu perencanaan produksi dihitung dari mana.
      Untuk profesi business analysis, secara pribadi saya rasa bisa juga menggunakan materi ini. sebagai seorang business analysis anda kan harus tahu bagaimana membaca rasio2 keuangan termasuk untuk memprediksi kejadian2 dimasa depan atau sekarang untuk meminimalkan resiko.

      • Setuju sekali Pak Ishak,

        memang kalau kita lihat materi III (Business Analysis & Information Technology) dan materi IV (Business Management) mungkin kelihatannya tidak secara langsung terkait dengan profesi internal audit, tetapi untuk menjadi seorang internal auditor yang baik, tidak hanya technical skill yang diperlukan, namun juga pemahaman yang baik mengenai proses bisnis dan perkembangannya (seperti IT) juga sangat penting…

  11. Aditia Hariadi

    salam kenal smua,

    menyambung tanya-jawab di atas, boleh tau gak tingkat kesulitan soal-soal ujian CIA? Karena waktu saya lihat contoh soal CIA, kok agak ngejelimet yaa? bentuk soalnya sperti asing bagi saya.. saya sdh cari tau adminnya. tinggal nunggal kemantapan hati.

    kerja di KAP 1 tahun, apakah pengalaman tsb bisa cukup membantu? kadang saya berpikir agak nekad klo ngambil ujian ini, saya msh ank kmrn sore jg. br lulus november 2009. krn costnya yg jg mahal. utk sementara mnambah wawasan, saya baca buku sawyer. hati kecil takut gagal dn hrs ngulang. boleh minta sharingnya?

    • kalau menurut saya, yang namanya soal, ujian, apalagi sertifikasi, pasti ada tingkat kesulitannya. karena jika tidak, akan sangat banyak orang yang bisa mengambil dan lulus, menjadikan sertifikasi tidak lagi terkesan ‘prestise’ atau eksklusif.

      tapi pastinya tingkat kesulitannya harusnya masih dalam batas kewajaran, karena di sisi lain jika terlalu sulit, maka tidak akan ada yang berminat mengambil sertifikasi tersebut, malah bisa terancam hilang ditinggalkan orang. kalau begitu, asosiasi penyedia sertifikasi juga yang akan rugi.

      pandangan saya, persiapan yang efektif adalah kunci utama untuk lulus sertifikasi CIA. mungkin tidak cukup dengan Sawyer, karena bahasan topik Internal Audit-nya terlalu umum. pakai saja buku CIA Review dari Gleim (bisa dilihat di internet atau hubungi alamat Insight Consulting di atas. mengenai pengalaman, saya pikir cukup memadai, karena mayoritas soal ujian CIA dasarnya adalah teori dan standar yang dikembangkan oleh IIA.

      ok, selamat berjuang dan semoga sukses!

      • Tamba

        Mas Muxon,

        Apakah ujian CIA dalam bahasa Inggris saja atau dwi bahasa (Inggris dan Indonesia)?Apakah paper based atau computer based?

        Terima kasih mas.

  12. Ishak

    MAs Mukhson saya bantu jawab ya,
    Mas adit, kl pengalaman 1 tahun di KAP saya rasa lebih baik mas Adit tunggu dulu paling tidak sampai 2 tahun karena ujian sertifikasi CIA itu lebih banyak ke pemahaman dan bukannya sekedar menghafal. lagipula Internal Audit itu bidang yang berbeda dengan external audit. Kl menurut saya belajar Gleim review memang bisa membantu untuk yg part 1, part 2 tapi tidak akan banyak membantu untuk yg part 3 dan part 4. apalagi mas Adit belum banyak pengalaman.

    • Tamba

      Salam kenal Pak Ishak dan Pak Muxon,

      Menurut bapak, referensi buku CIA buat Part 3 dan part 4?

      Terima kasih pak Ishak dan pak Muxon.

      • kalo dari saya sih mas.. karena dulu belajarnya paling banyak dari Gleim, dan menurut saya efektif, saya sarankan untuk semua part coba refer ke Gleim saja, materi lainnya boleh sebagai tambahan..

        tks..

      • Ishak

        Pak Tamba, ujian CIA dilakukan dalam 2 bahasa- bisa pilih Inggris saja atau Inggris-Indonesia. Kl Inggrisnya bagus lebih baik pilih yg Inggris saja karena kadang terjemahan Inggris-Indonesianya tidak terlalu tepat bahkan bisa sangat membingungkan. Kalau buku CIA yg bagus ya Gleim atau pakai Wiley…

  13. ririn

    kalau di surabaya dimana tes nya dan apakah udah operate.

  14. ishak

    di Surabaya sudah ada testing centernya, saya dulu juga ambilnya di Surabaya kok. cuman tidak bisa langsung daftar ke testing centernya harus daftar dulu di IIA Indonesia

  15. yodi

    Tanya Bung Ishak,
    klo di jakarta tempat review cuman 3 aja ya, spti yg disbut, FEUI, Binus, n YPIA. ada lagi ga ya?
    karena jadwalnya ga ada yg pas neh…
    krn banyakan lg sering audit kluar kota, n umumnya perusahaan ga mo kasi.
    maksud mereka seh sayang, uda dibiayai tp sering ga ikut jg kelasnya krn ikut penugasan kluar kota…
    ok deh…
    Thanks ya

    • alternatifnya mungkin bisa belajar mandiri mas? pake buku CIA review gleim.. bisa lebih fleksibel belajarnya..

    • ishak

      Mas Yodi,
      Sebenarnya saya di Surabaya jadi kurang tahu dimana lagi selain 3 lokasi di atas… saya dulu juga tidak ikut kursus di tempat review karena di Surabaya tidak ada tempat review dan belajar mandiri. Yang penting Mas Yodi punya waktu untuk belajar sendiri paling tidak 2 jam sehari….pakai Gleim bisa pake Wiley juga bisa tergantung budget…..
      oh Iya, mas Mukhson numpang kasih informasi kalau ada yang minat ambil ujian CISA di Surabaya dapat hubungi saya di email: ishaksubagiot@yahoo.com (No Spam, please!!)

      • Terima kasih banyak atas infonya Pak Ishak…
        Silakan bagi rekan2 yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya, bisa menghubungi Pak Ishak…

        Btw Pak Ishak holder CISA juga? Selain CIA dan CISA, apalagi nih Pak… mungkin bisa di-sharing tips2 suksesnya untuk rekan2 yang lain… tks

  16. Ishak

    Mas Mukhson Yth,
    Saya baru punya CFE, dan CIA.Saya saat ini belum CISA baru mau ujian Desember 2010 ini. Saat ini saya sedang Approach ke NASBA dan AICPA untuk bisa ikut testing CPA di Indonesia…nanti saya kabari kl ada kelanjutan dari mereka.

    • wah mantap Pak…
      sukses buat ujian CISA-nya
      semoga berhasil dan dapat memotivasi rekan2 lainnya (termasuk saya he2x…)

      kalau CPA bukannya semacam BAP di Indonesia Pak?

    • sandra

      Salam pak Ishak<

      saya tertarik mau ambil CFE..

      bisa bantu saya bagaimana mendapatkan materinya ?

      mohon petunjuknya.

      terima kasih

  17. lukman

    Salam kenal,
    Minta tolong pd mas Mukhson,mas Ishak,masWidodo,dll utk
    memberi info/pendpt pribadi hal kecukupan kwalitas materi
    pelajaran yg tlh di-inputkan pd seorang yg baru mendapat sertifikat QIA (4 tingkat) jika ia berniat utk ikut ujiansertifi-
    kasi CIA (4 part ber-turut2). Misalnya, seorang barululus S1
    Akuntansi FakultasEkonomiAkreditasi-A diJakarta Judc C tlh
    berhasil mendpt sertf QIA(4tingkat) dgn Jdc C-B. Brp besar
    “probability”(%)nya utk lulus ber-turut2 ke4 part CIA tsb ?
    ; dgn kondisi tanpa atau telah membaca buku GLEIM ?.
    Memang sih,tiap individu punya milik/kemampuan/IQ/penga-
    laman lain2 ; tapi saya cukup puas bila mendpt jwban2. grs bsrnya sj krn utk kwalifikasi calon & kurikulum sdh terprofil.
    Atas bantuan dan perhatiannya diucapkan trimakasih.

    • mas lukman, pertanyaannya agak sulit buat saya untuk menjawabnya :)

      kalau mengenai probabilita ini banyak sekali kemungkinannya mas.. mungkin bisa dibantu untuk saya yang tidak terlalu familiar dengan sertifikasi QIA, kira2 berapa% materi ujian CIA (all parts) yang sudah termasuk dalam materi/kurikukum QIA tersebut?

      tks..

  18. lukman

    Saya kira yang agak tepat dapat membantu menjawab
    pertanyaan diatas adalah seseorang yang sudah penga-
    laman mengikuti ujian2 QIA dan CIA bukan ? Kita tunggu
    saja seseorang yang mau menolong ya ?. Salam

  19. Ishak

    Pak Lukman,
    Ujian QIA bisa dipakai untuk exemption part 4 nya CIA tapi kalau ditanya apa QIA sudah memadai untuk CIA jawabnya kembali ke masing-masing pribadi saya tidak mau mendiskreditkan program profesi lainnya tapi kenyataannya di luar negeri orang yg sudah ACCA atau CMA juga masih kesulitan untuk ambil part3 nya CIA. Malah kadang kl menurut pendapat saya, yang saya lihat kualifikasi QIA masih belum bisa disetarakan dengan CIA karena ada beberapa rekan yg ber QIA tapi kurang menguasai karena materi QIA bisa dipadatkan menjadi hanya 2 minggu.Terus terang saja mas Lukman, akreditasi universitas Indonesia gak ada pengaruhnya sama ujian profesi internasional seperti CIA, CFE atau CISA. Yg lulusan universitas Top USA saja banyak yg gagal…..

  20. lukman

    Trimakasih Pa Ishak/Mukhson atas responsnya sehingga
    saya jadi tertarik utk melihat materi nya CIA Review dari Gleim. Mungkin yang sdh lebih dahulu mengetahuinya dari
    saya dpt menunjukkan tempat2 diJakarta yangmana saya
    /umum dapat melihat2 isinya buku2 tsb diatas (Part1 s/d Part4) ? Apakah di Indonesia sdh ada yg menyadurnya kedalam Bhs.Indonesia ? Salam

  21. ishak

    Pak Lukman,
    kalau mau pinjam bukunya anda dapat menghubungi Ibu Meyta di Insight Consulting (rasanya di atas sudah dibahas oleh pak Mukhson) atau anda dapat menanyakan ke UI kalau bukunya dijual untuk orang selain peserta CIA review. Kl anda ingin melihat daftar isinya saja silahkan kunjungi websitenya Gleim. Sebenarnya selain Glaim masih ada produknya Wiley yang bisa diimport lewat toko buku Spektra atau Djakarta Raya kalau anda di Jakarta atau lewat Fenross kalau anda di Surabaya. untuk terjemahan ke bahasa Indonesia rasanya belum ada karena untuk menerjemahkan tidak bisa lewat perorangan tapi harus IIA Indonesia sebagai afiliasi IIA

  22. lukman

    Seminggu ini saya ikuti info2 dari web ini dimanabeberapa Lembaga/nara sumber diJKT yg sdh biasa berurusan dgn buku2 Asli Gleim memang mengatakan bhw saat ini utk membeli buku2 tsb msh hrs berhubungan langsung dgn Gleim diUSA ; jadi para peminat hrs bayar dulu keUSA.
    Kalau mau indent perseorangan-pun diJkt msh belum ada
    yg berminat menampung.Bila ada yg ingin numpang lihat
    saja sih dpt lht kepunyaan pribadi /punya orang (contohnya
    diInsight). Tapi bila cari buku2 Gleim diperpustakaan UI
    diSalemba atau Binus pastilah si-dia blm dpt ditemukan
    meskipun disitu sering dipakai tempat utk Bimbingan2
    Sertipikasi yg terkait. Pose si-dia saat ini a.l hanya dpt di-
    intip di amazone.com & ebay.com. yg juga syaratnya minta
    dibayar dahulu dan katanya tidak jarang barangnya tak
    kunjung tiba pula meskipun rating penjual sekitar 98%.
    Ada yg punya idee&pengalaman utk mendapatkan si-dia dgn aman & ekonomis ?

  23. tri

    mohon bantuan untuk rekan-rekan yang pernah mengikuti sertifikasi CIA, saya mau bertanya beberapa hal mengenai syarat untuk mengikuti sertifikasi tersebut. Saat ini saya mengambil gelar Akt di Universitas di jogja, yang saya tanyakan :
    1. Apakah untuk mengambil CIA itu harus memiliki gelar Akt layaknya sertifikasi CPA?
    2. Apakah pengalaman kerja minimal harus 2 tahun, atau berdasar jumlah jam terbangnya dan apakah itu sudah syarat mutlak?
    terimakasih atas jawabannya..

    • jawaban dari saya Pak (untuk rekan yang lain CMIIW):
      1. tidak diharuskan
      2. kalau dari website The IIA, disebutkan seperti ini Pak:

      “CIA candidates must obtain a minimum of 24 months of internal auditing experience or its equivalent. Candidates
      may apply to the CIA program and sit for the CIA exam prior to satisfying the professional experience requirement,
      but they will not be certified until all program requirements have been met.”

      tks

  24. achmad.ikbaludin@pgn.co.id

    yang saya ketahui, bahwa kepada pemegang gelar QIA maka hanya diwajibkan untuk menempuh ujian dari part 1 s/d part 3 dan dibebaskan untuk ujian part 4

  25. Agung

    QIA telah diakui oleh IIA sebagai substitusi untuk ujian CIA level 4, sehingga pemegang QIA otomatis dianggap telah lulus ujian CIA level 4, jadi tinggal ambil ujian sisanya, level 1-3.
    sumber http://www.iia.org.sg/certification/CIA_Prof-Rec-Credit.html

  26. fariz

    assalamu’alaykum. salam kenal untuk pak Mukhson dan semuanya.
    saya fresh graduate, berkeinginan untuk menjadi seorang internal auditor. Langkah apa saja yg seharusnya saya tempuh sejak “awal”? Dan dimana saya harus mengawali karir saya?
    terima kasih atas jawabannya.

  27. soepri

    Mohon bantuan infonya kepada rekan-rekan yang sudah pernah mengambil ujian sertifikasi CIA..
    Apakah saat mendaftar ujian itu harus mengambil 4 parts sekaligus? atau bisa bertahap? jika bisa bertahap, berapa lama jeda waktu ujian untuk masing-masing part? karena melihat dari lama waktu ujian masing-masing part adalah 2jam 25menit dengan jumlah soal masing-masing part 90 soal multiple choice. Terima kasih atas infonya :)

    • Anonymous

      maksud Bung Soepri bagaimana ya? diambil sekaligus 4 part dalam satu hari? IIA rasanya tidak mensyaratkan harus diambil sekaligus dalam 1 hari. Dulu waktu ujian saya ambil 1 dulu kemudian 2 bulan lagi ambil 1 lagi baru ambil lagi 2 bulan setelahnya. untuk yg part 4 saya tidak ujian karena ada exemption

  28. Lia

    terima kasih infonya.. sangat membantu :)

  29. Orang kaya menguasai orang miskin, yang berhutang menjadi budak dari yang menghutangi. Orang yang menabur kecurangan akan menuai bencana, dan tongkat amarahnya akan habis binasa. Orang yang baik hati akan diberkati, karena ia membagi rezekinya dengan si miskin.

  30. Katrin Marpaung

    bisa informasi utk buku GLEIM ada yg berbahasa indonesia? dari milis diatas ktnya bisa dicari di IIA Indonesia. bisa info alamat IIA dengan no tlp dan contact person nya.tks

  31. DinaR

    Dear Pak Mukhson,

    Saya merupakan lulusan S.Kom (IT). Tapi saya berminat untuk mengambil sertifikasi CIA. Pertanyaannya apakah bisa Pak? dan untuk menunjang pengetahuan saya apakah ada sertifikasi atau kursus yang harus saya ambil terlebih dahulu (ex: sertifikasi brevet A/B atau kursus akuntasi terlebih dahulu)?

    Syarat-syarat apa yang harus saya penuhi Pak? (ex : pengalaman kerja, basic pendidikan?)

    Mohon bantuan sarannya Pak.

    Terima Kasih :)

Leave a Reply

